Kamis, 02 Maret 2023

STUDI KOMPARATIF BUMDesa

Studi Komparatif BUMDesa tanggal 9-12 Februari 2023 (2 malam 3 hari) bersama BUMDES se Kec-Candi Kabupaten Sidoarjo ke Desa Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Peserta yang ikut Studi Komparatif ini selain Bumdes juga aparatur desa, Kepala desa bersama Pak Camat + aparaturnya. BUMDesa Berkha Candi yang mewakili adalah Bapak Fidi.  Kegiatan ini dilakukan untuk melihat dan langsung mengetahui bagaimana pemanfaatan potensi dari Lingkungan si sekitar kita sehingga menjadi desa wisata. Dan juga sistem pengaturan keuangan yang dilakukan dengan bekerjasama antara Badan Usaha Milik Desa dengan Pemerintahan Desa.






Sambil berwisata dengan menginap di HomeStay yang sudah disiapkan Desa Wisata tersebut. Bekerjasama dengan Masyarakat, sehingga meningkatkan penghasilan dari masyarakat desa tersebut. Lokasi wisata dikelola dengan baik oleh BUMDES dan juga masyarakat. 



Keuntungan dari desa Tamansari ini adalah lokasi desanya yang mepet sama Kawasan Ijen,  juga wisata alam dan pemandangan alam yang dimiliki yang luar biasa Indah. Tapi yang pasti pengelolaannya ya yang baik dan bekerjasama.




Ternyata kita juga dibawa ke tempat pembelian oleh2 di Banyuwangi lho, OsingDeles the Sun Rise Of Java. Disini kita semua bisa melihat semua hasil karya ketrampilan, kuliner dll dari Banyuwangi. Puas deh milihnya, uangnya harus siap ya.... 



0 komentar:

Posting Komentar